wpid-1436012705798.jpg
Baiklah, ini adalah tulisan ketujuh (iya, ketujuh!) saya sejak event Wisata Green Industry (WEGI) angkatan 3 yang diadakan PT Semen Indonesia tanggal 6 Juni 2015 lalu. Empat tulisan saya buat on the spot dan empat lagi saya buat sepulang dari sana, tapi karena satu tulisan tidak berhasil terposting saat acara, kita hitung tujuh deh ya. Foto yang saya share juga sudah puluhan. Jangan tanya lagi berapa banyak twit atau status FB, mungkin sudah ratusan. Tapi pada akhirnya saya sadar bahwa saya harus memberi kesimpulan.

Bahkan jika saya harus memperbanyak jumlah tulisan ini menjadi tujuh belas atau tujuh puluh, nggak ada artinya kalau saya nggak memberi sebuah ending, kan?

Dan kesimpulan dari semua catatan perjalanan saya selama dan setelah Wisata Green Industry 3/WEGI 3 Semen Indonesia akan saya dedikasikan untuk semua blogger diluar sana yang level kepo nya udah nggak ketulungan. Para blogger yang selalu ingin tahu dan memiliki niat untuk ikutan atau mungkin kelak dapat tawaran untuk ikut Wisata Green Industry dari Semen Indonesia.

Satu pesan saya: JANGAN MAU!

What? Setelah semua kesan baik yang sudah kamu tulis, Win?

Iya.

Nggak salah?

Nggak. Sekali lagi JANGAN MAU!

J A N G A N  M A U!

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap PT Semen Indonesia yang sudah berbaik hati mengundang saya ke event ini. Tapi sekali lagi, sebagai blogger saya akan merasa berdosa kalau tidak berbagi apa yang saya dapatkan selama acara dan pesan-pesan bijak bestari ala Mario Teguh. Ya, saya adalah blogger yang punya semangat berbagi kokoh tak tertandingi, mirip slogan kalian.
Oke, kita mulai ya?

Panitia yang membaca tulisan ini silakan siapkan kacamata hitam atau siap-siap matikan layar kalau tiba-tiba kalian nanti nggak kuat baca. Saya menghargai semua usaha keras kalian mengadakan acara ini, kok. Dan untuk dewan juri lomba sharing WEGI 3, mohon maaf jika isi tulisan ini nantinya terlalu jujur apa adanya. Entah apapun penilaian kalian, yang jelas kalian harus tahu bahwa gadget kece yang kalian pamerkan di web WEGI amat sangat saya idamkan. Sekian dan terima traktir.

Oke, kita mulai ya?

Kali ini serius.

Dear Blogger, jangan pernah mau kalau kalian disuruh daftar apalagi dapat undangan dari PT Semen Indonesia untuk diajak keliling pabrik mereka dan semua hal terkait perusahaan. Jangan pernah mau!
Jangan mau kalau kalian bukan tipe blogger yang suka bersosialisasi. Karena disana nanti kalian akan bertemu puluhan bahkan ratusan blogger dari berbagai kota di Indonesia nggak hanya dari pulau Jawa. Jangan mau kalau kalian adalah blogger kikuk yang susah berkenalan dan sharing banyak hal dengan orang yang baru kalian kenal. Jangan mau pula kalau kalian tipe blogger yang saking nggak bisa move on nya dari mantan, maka nggak bisa kenalan sama orang lain. jangan mau, nanti kamu makan ati disana. Percaya saya deh!

Jangan mau kalau kalian adalah blogger yang sukanya hang out ke tempat eksklusif. Ikut Wisata Green Industry cuma bakal mengantar kalian ke waduk, pengusaha handicraft, pengrajin batik, lahan reklamasi bekas tambang, atau paling bagus diajak keliling pabrik. Emang sih kegiatan-kegiatan kayak gitu bakal kasih edukasi sebenarnya seperti apa cara kerja sebuah pabrik dengan kapasitas produksi terbesar se-Asia itu dan apa kontribusi mereka untuk masyarakat. Tapi masalahnya kamu nggak akan nemu agenda acara “nge-mall bareng”, “ngopi bareng di kedai kopi mahal” atau “review fasilitas bintang lima” dan sebagainya. Jangan mau kalau kamu adalah blogger yang anti panas-panasan, anti keluar dari zona nyaman dan hanya mau hadir di event-event mewah. Nanti kamu kaget, soalnya kalau peserta Wisata Green Industry, mereka udah biasa makan lesehan sambil ketawa ketiwi di aula perusahaan. Atau udah biasa juga ngobrol santai di mushola pabrik selepas shalat dan berbincang dengan security. Jadi peserta Wisata Green Industry berarti kamu harus siap berbaur dengan perusahan, bukan hotel mewah.

Jangan mau kalau kalian adalah blogger yang nggak siap dibully karena menyuarakan fakta. Udah biar saya aja yang jadi korban bully gara-gara live tweet. Kalau kalian sukanya jadi selebtwit anti bully dan nggak siap dibilang “nggak membela kepentingan rakyat” gara-gara berseberangan opini sama haters, mendingan berpikir dua kali sebelum hadir di acara ini. Jadi, Wisata Green Industry ini hadir salah satunya karena perusahaan pengen memberi edukasi dengan cara yang kreatif yaitu mengundang para pegiat social media. Nah kalau kamunya takut menyuarakan fakta karena diluar sana banyak media yang lagi getol memelintir berita, lebih baik kamu duduk manis dirumah, nunggu Emak kamu selesai masak trus fotoin, upload deh ke sosmed kamu. Amaaan!

Jangan mau kalau kalian adalah blogger yang nggak suka berbagi. Saya nih buktinya udah jadi korban Wisata Green Industry, masa iya kegiatan satu hari bisa saya bikin catatan perjalanan sampe tujuh artikel? Niat banget kan? Udah kayak program acara apaa gitu sukanya pake angka tujuh. Jadi kalau kamu termasuk blogger yang suka ikut acara tapi males bikin review, hati-hati, nggak usah coba-coba ikut acara ini karena kamu bakal nemuin ratusan topik untuk ditulis dan dibagi kepada masyarakat luas. Jangankan kok materi yang berat-berat, kamu ikut Wisata Green Industry trus jalan ke depan pabrik lalu ngobrol sama ibu-ibu petani di sekitar pabrik aja bisa kasih kamu ide tulisan, loh. Jadi nggak usah nantang, kalau kamu blogger yang mau disebut blogger tapi jarang nulis, keimanan kamu bakal goyah kalau ikutan Wisata Green Industry. Udah deh percaya saya, nggak usah mau.

Jangan mau kalau kalian adalah blogger yang percaya banget sama media. Ngapain coba capek-capek seharian keliling pabrik kalau kalian bisa dengan mudah nyari berita tentang Semen Indonesia? Daripada capek, mending juga googling aja dirumah. Beres kan? Karena nih ya, saya bocorin deh alasannya. Jadi kalau kalian ikut Wisata Green Industry, kalian bakal menemukan fakta-fakta yang berbeda sama berita di dunia maya. Bingung kan? Makanya, buat kamu yang mudah percaya sama berita tanpa ingin mencari fakta ke tempatnya langsung, mending langsung coret aja Wisata Green Industry dari daftar event yang pengen kamu ikutin.

Jangan mau kalau kalian males dikepoin temen-temen se-timeline. Asli deh, sekali kalian posting foto di instagram, twitter atau FB kalian tentang kegiatan ini, apalagi kalau foto di depan pabrik tuh, kalian bakal ditanyain dan di-iri-in oleh banyak orang. Secara nih ya, acara ini kan limited edition, nggak banyak orang yang bisa ikut. Mau ikut aja harus ikut seleksi dulu loh. Jadi nggak usah ikut deh, kalau kamu cuma pengen jadi penonton dan komentator foto-foto peserta WEGI.

Yang terakhir, jangan mau daftar apalagi diundang ikutan Wisata Green Industry kalau kamu nggak mau ketemu direksi PT Semen Indonesia. Nanti kamu jadi tahu seluk beluk perusahaan, sejarah perusahaan bahkan sampai program-program mereka. Nggak asik kan kalau kamu seorang blogger masa bisa tahu tentang industri semen nusantara? Ntar kalau dikira asal ngomong gimana? Jadi nggak usah mau, deh. Kamu yang biasa mengutip pendapat dari comot sana-sini dari internet bakal mengerutkan dahi karena kalau ikutan Wisata Green Industry, kamu bisa mengutip pernyataan resmi perusahaan langsung dari orangnya, bukan juru bicara apalagi dunia maya.

Udah deh ya. Udah banyak alasan yang saya kasih biar kamu sadar kalau kamu nggak usah mau ikutan acara ini. Kabarnya sih mau dibikin WEGI 4, jadi saya cuma sekedar kasih saran buat kamu yang masih bingung mau daftar apa nggak, gitu.

Kalau saya sih mau ikut, tapi kalau kamu termasuk blogger yang saya tulis diatas mending nggak usah ikut, ya. Apalagi jangan sekali-kali buka http://wisatagreenindustry.com, nanti kamu jadi tahu kapan pendaftaran WEGI 4, gimana rundownnya dan apa aja yang udah terjadi di WGI 1, WGI 2 dan WEGI 3. Bahaya!
Jadi sekarang pilihan ada di tangan kalian, para blogger yang budiman.

Salam Blogger,

Winwin Bloggerwati.

wpid-fb_img_1436105024161.jpg

